You Are What You Read

Pertengahan Desember 2012 kemarin, saya mengikuti seminar enterpreneurship yang diadakan oleh salah satu Himpunan Mahasiswa yang ada di kampus saya. Ya memang ini mungkin baru kali pertama saya mengikuti acara seperti itu karena sudah lupa pernah ikut acara seperti itu atau tidak sebelumnya.

Pada seminar itu dihadirkan pembicara seorang pengusaha muda. Beliau adalah owner dari Kebab Turki Baba Rafi dan dimoderatori oleh owner dari Diamond Group. Sebelum pembicara menyampaikan ilmu-ilmunya sang moderator memberikan pendahuluan terlebih dahulu. Dari pendahuluan yang diberikan oleh sang moderator yang paling saya ingat adalah sebuah pernyataannya, yaitu, Lima tahun ke depan, Anda tergantung apa yang Anda baca dan dengan siapa Anda berteman.

Ya kata-kata itu yang masih saya ingat. Ungkapan bahwa anda adalah apa yaang anda baca tercantum dalam kalimat yang disampaikan oleh moderator. Memang biasanya kita akan termotivasi oleh sesuatu dan melakukan tindakan dalam kehidupan sehari-hari itu berdasarkan dari apa yang dibacanya. Seorang yang bacaannya buku-buku tentang kisah-kisah inspiratif, pasti dalam kesehariannya sedikit banyak akan meniru/mengaplikasikan apa yang telah dia baca dalam buku tersebut. Begitu juga dengan orang yang membaca buku-buku yang lainnya.

Mungkin pengaruh apa yang kita baca itu berdampak pada karakter dan sikap kita dalam keseharian kita jauh ke depan, tidak hanya lima tahun. Lima tahun yang disebutkan sang moderator saya artikan bahwa lima tahun ke depan kita harus mengevaluasi diri dan evaluasi diri itu dilihat dari apa yang kita baca dan dengan siapa kita berteman. Ya seperti indikator untuk jangka menengah.

Kemudian karena ada ungkapan seperti itu, juga jangan lantas kita membaca buku yang di luar dari batas kepamahaman kita. Sebaiknya tetap membaca yang agak ringan tetapi lebih ditingkatkan kualitasnya serta yang terpenting sesuai dengan passion kita masing-masing.
You Are What You Read You Are What You Read Reviewed by Rino on Senin, Februari 18, 2013 Rating: 5

3 komentar:

  1. Apa yang kita baca itu bisa menjadi karakter kita ya. Sip

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, secara langsung maupun tidak langsung, kita sedikit banyak pasti terpengaruh dengan apa yang kita baca.

      Hapus
  2. postingan yg menambah wawasan, makasih gan.
    mampir ke blog ana ya?
    hehe, join with me

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.